Jakarta, 13 Desember 2024 – PT TASPEN (Persero) berkomitmen untuk memastikan peserta di seluruh Indonesia, termasuk wilayah terluar Indonesia, seperti Desa Skouw Mabo di Distrik Muara Tami, Jayapura, Papua, yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini, untuk mendapatkan layanan yang inklusif dan merata, sesuai dengan komitmen perusahaan untuk menjangkau seluruh pelosok tanah air. Hingga November 2024, TASPEN melayani sebanyak 43.771 peserta pensiun di seluruh Pulau Papua, dengan 119 di antaranya tinggal di Distrik Muara Tami. Guna memastikan kemudahan akses layanan bagi para pensiunan di wilayah terpencil, TASPEN telah bekerja sama dengan mitra bayar yang tersebar di 365 titik di Jayapura. Jaringan ini dirancang untuk mendukung peserta dalam menerima manfaat pensiun tanpa harus menempuh perjalanan jauh.
Corporate Secretary TASPEN, Henra, menjelaskan, “Sebagai bagian dari komitmen untuk melayani setiap peserta pensiun secara inklusif dan merata, TASPEN terus berupaya memperluas jangkauan layanan, termasuk ke wilayah terluar di Indonesia, seperti di Provinsi Jayapura. Kami memahami pentingnya akses yang mudah dan nyaman bagi para pensiunan untuk mendukung kesejahteraan mereka.”
Pada periode Januari hingga Desember 2024, TASPEN telah menyalurkan manfaat Program Pensiun kepada 11.060 peserta di seluruh Pulau Papua, termasuk Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah. Selain itu, manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) diberikan kepada 873 peserta, sementara manfaat Program Tabungan Hari Tua (THT) dan Asuransi Kematian diterima oleh 4.070 peserta di wilayah perbatasan tersebut. Salah satu peserta pensiun TASPEN di Desa Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kaleb Nally, mengungkapkan kemudahan akses yang dirasakannya dalam menerima manfaat pensiun.
“Walaupun berada di wilayah paling timur Indonesia, saya tetap bisa dengan mudah mengakses layanan TASPEN dan menerima manfaat pensiun setiap bulan tanpa kendala jarak,” ujarnya.
Kaleb Nally, seorang pensiunan guru yang telah mendedikasikan 39 tahun hidupnya untuk mengajar di SD Impres Skouw Mabo—sekolah tertua di Desa Skouw Mabo—merupakan salah satu contoh nyata dari komitmen PT TASPEN (Persero) dalam memberikan layanan inklusif dan merata. Sejak pensiun pada tahun 2012, dirinya secara rutin menerima manfaat Program Pensiun TASPEN dan perlindungan dari Program Tabungan Hari Tua sebagai bagian dari jaminan kesejahteraannya.
Kisah Kaleb Nally menggambarkan bagaimana TASPEN memastikan pensiunan, meskipun berada di wilayah terpencil sekalipun, tetap mendapatkan manfaat dan dukungan yang layak. Hal ini sejalan dengan arahan Kementerian BUMN melalui Menteri BUMN Erick Thohir, yang menegaskan bahwa BUMN memiliki peran penting dalam pemerataan ekonomi Indonesia, terutama dalam melindungi kesejahteraan masyarakat di seluruh penjuru negeri. Ke depan, TASPEN berharap dapat terus memperluas jangkauan layanan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat di seluruh penjuru negeri.
Tentang PT TASPEN (Persero)
PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara. Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia. PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun.
PT TASPEN (Persero) saat ini merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Thailand, dan Kamboja. PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (TASPEN One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital. Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi laman website official www.TASPEN.co.id, tcare.TASPEN.co.id , dan seluruh sosial media resmi milik PT TASPEN (Persero).