taspen-icon

Informasi


20 tahun Bencana Tsunami Aceh: TASPEN Konsisten Jamin Kesejahteraan Korban melalui Penyaluran Manfaat Program Pensiun Janda/Duda

23 Desember 2024 03:58

14368 Kali dilihat

20 tahun Bencana Tsunami Aceh: TASPEN Konsisten Jamin Kesejahteraan Korban melalui Penyaluran Manfaat Program Pensiun Janda/Duda

Jakarta, 23 Desember 2024 – PT TASPEN (Persero) senantiasa berkomitmen untuk menjamin kesejahteraan para peserta, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdampak bencana alam, melalui berbagai program layanan. Sejak tragedi gempa dan tsunami Aceh 2004, TASPEN hadir sebagai penopang kebutuhan para peserta ASN yang menjadi korban, memastikan mereka dan keluarga yang ditinggalkan tetap mendapatkan dukungan untuk melanjutkan hidup. Salah satu wujud nyata dari manfaat Program Pensiun Janda/Duda TASPEN terlihat dalam kisah Rahmi Kurniawan (54 tahun), seorang penerima manfaat yang kehilangan suaminya, seorang ASN di Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, dalam bencana tersebut.

 

Corporate Secretary TASPEN Henra, menyampaikan, "TASPEN, sebagai perusahaan berkomitmen pada kesejahteraan sosial, memahami betul kesulitan dan dampak dari bencana alam yang menimpa para peserta TASPEN dan keluarganya 20 tahun yang lalu. Program Pensiun TASPEN tidak hanya menjadi bentuk apresiasi atas jasa-jasa para ASN selama mengabdi kepada negara, tetapi juga berfungsi sebagai jaminan kesejahteraan bagi keluarga ASN tersebut. Kami berharap program ini dapat terus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi para pensiunan dan keluarganya."

 

TASPEN telah hadir sebagai benteng kokoh bagi para ASN dan keluarga, memberikan manfaat yang tidak hanya bersifat finansial tetapi juga menghadirkan rasa aman dan harapan baru. Hal ini dirasakan oleh Rahmi. yang kehilangan suaminya, seorang ASN, akibat tsunami Aceh 2004, merasakan ketenangan dan kenyamanan dalam menjalani kehidupan berkat manfaat Program Pensiun Janda/Duda.

 

Secara rutin Rahmi menerima gaji pensiun setiap bulan dari manfaat pensiun Janda/Duda atas nama Teuku Abdul Hamid mendiang suaminya, seorang pegawai Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh. Dukungan dari program ini Rahmi dapat menjalani hari-harinya dengan lebih nyaman, memberikan rasa aman secara finansial dan memungkinkannya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

“Masih ada di ingatan momen di mana saya terjebak di antara tumpukan kayu yang sangat tinggi saat tsunami menyerang. Kala itu, saya hanya memikirkan anak dan suami saya, tanpa menyadari bahwa mereka telah tiada. Namun masa itu sudah dua dekade terlewati. Saya sangat bersyukur dengan adanya Program Pensiun TASPEN. Program ini sangat membantu saya membiayai hidup sehari-hari,” kata Rahmi.

 

Hingga November 2024, TASPEN telah menyalurkan manfaat pensiun kepada 1.114.867 penerima Pensiun Janda/Duda dan 48.833 penerima Pensiun Yatim-Piatu di seluruh Indonesia. Komitmen ini diwujudkan melalui layanan 5T, yakni Tepat Administrasi untuk memastikan pembayaran sesuai aturan dokumentasi, Tepat Orang kepada pihak yang berhak, Tepat Waktu tanpa keterlambatan, Tepat Jumlah sesuai hak tanpa potongan, dan Tepat Tempat sesuai lokasi pilihan peserta.

 

Dengan fokus pada layanan berkualitas, TASPEN berupaya memberikan manfaat nyata bagi kesejahteraan peserta, termasuk korban bencana alam. Sejalan dengan arahan dari Kementerian BUMN dimana Menteri BUMN Erick Thohir, TASPEN hadir untuk membantu meringankan duka penyintas bencana dan memberikan solusi terbaik pascabencana. Melalui langkah ini, TASPEN bertekad mendukung Indonesia yang maju, makmur, dan sejahtera.

 

Tentang PT TASPEN (Persero)

 

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara. Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia. PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun.

 

PT TASPEN (Persero) saat ini merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Thailand, dan Kamboja. PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (TASPEN One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital. Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi laman website official www.TASPEN.co.id, tcare.TASPEN.co.id , dan seluruh sosial media resmi milik PT TASPEN (Persero).

Informasi Lainnya