Jakarta, 24 Oktober 2024 – PT Taspen (Persero) TASPEN berhasil meraih dua penghargaan pada ajang 6th Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2024, yaitu Gold Medal untuk kategori Pelayanan Informasi Publik Terinovatif: Ruang Pelayanan Informasi Publik Sarana dan Prasarana Pelayanan Informasi serta Silver Medal untuk kategori Media Internal: Video Profile Employer Branding pada 11 Oktober 2024 di The Rich Hotel Yogyakarta. Penghargaan yang diterima langsung oleh Corporate Communications & Media Relations TASPEN Rizky Bachrudin dari Founder & CEO Humas Indonesia Asmono Wikan. Ini merupakan apresiasi atas inovasi TASPEN dalam menciptakan Ruang Pelayanan Informasi Publik yang inovatif dan mudah diakses oleh seluruh peserta, termasuk penyediaan layanan inklusif bagi penyandang disabilitas. Keberhasilan ini sekaligus menunjukkan komitmen TASPEN dalam memberikan kemudahan aksesibilitas informasi bagi peserta dan masyarakat dalam mengakses informasi publik.
Corporate Secretary TASPEN Henra menyampaikan, “Sebagai pengelola Asuransi dan Dana Pensiun ASN, TASPEN tidak hanya berfokus pada aspek finansial. Melalui inovasi dalam bidang kehumasan, TASPEN berkomitmen untuk memberikan pelayanan informasi publik yang lebih baik dengan menyediakan informasi yang transparan dan mudah diakses bagi semua kalangan. Adapun kampanye Employer Branding telah berhasil membangun citra positif perusahaan sebagai tempat ideal untuk bekerja yang menunjukkan bahwa TASPEN tidak hanya fokus pada pelayanan peserta, tetapi juga pada pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas.”
Anugerah Humas Indonesia 2024 yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia PR Indonesia Group mengusung tema “Profesionalisme Humas untuk Indonesia Emas” dan bertujuan menilai kinerja komunikasi serta keterbukaan informasi dari berbagai lembaga publik seperti korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Proses penilaiannya berlangsung dengan ketat, di mana dewan juri yang terdiri dari pakar humas, komunikasi publik, jurnalis senior, dan akademisi, secara cermat mengevaluasi ratusan karya berdasarkan kreativitas, efektivitas pesan, hingga dampaknya terhadap publik, sehingga penghargaan ini dapat menjadi tolok ukur komprehensif atas keberhasilan TASPEN dalam mengelola komunikasi publik. Beberapa dewan juri yang terlibat, antara lain Abdul Rahman Ma’mun, Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) periode 2011-2013, Dian Agustine Nuriman, Founder & Principal Consultant NAGARU Communication, dan Fardila Astari, Strategic Communications Expert Reputasia.
Pada periode Januari hingga September 2024, laman Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) TASPEN telah melayani lebih dari 2,2 juta pengunjung yang mencari informasi terkait perusahaan, mulai dari informasi umum mengenai TASPEN, produk dan jasa, laporan perusahaan, hingga kontak resmi kantor cabang TASPEN. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 17,71% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yang mencatat 1,9 juta pengunjung. Sebagian besar pengunjung tertarik pada data terkait Sumber Daya Manusia, kepesertaan (ASN dan Pensiunan), serta informasi layanan dan proses pengajuan klaim yang digunakan untuk keperluan akademik, seperti penelitian skripsi, tesis, atau disertasi dari pemohon informasi publik.
TASPEN berkomitmen untuk terus memberikan layanan keterbukaan informasi yang inklusif bagi semua kalangan, sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang mengungkapkan penghargaan di bidang Keterbukaan Informasi Publik ini menjadi perwujudan bahwa BUMN akan selalu memberikan pelayanan yang informatif, profesional, dan transparan kepada masyarakat. BUMN sebagai benteng perekonomian Indonesia juga terus berupaya memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat untuk mewujudkan Indonesia Maju. Masyarakat dan peserta TASPEN dapat memperoleh informasi publik dari TASPEN secara online melalui laman PPID TASPEN www.eppid.taspen.co.id, email ppid@taspen.co.id, seluruh sosial media resmi TASPEN maupun mendatangi seluruh kantor cabang TASPEN yang tersebar di seluruh Indonesia.
Tentang PT TASPEN (Persero)
PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara. Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia. PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun.
PT TASPEN (Persero) merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Malaysia, Thailand dan Kamboja. PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital. Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi laman website official www.taspen.co.id, tcare.taspen.co.id dan seluruh sosial media resmi milik PT TASPEN (Persero).